Diberdayakan oleh Blogger.

instal ubuntu sabily

Sabtu, 08 Oktober 2011

KABEL PADA PC




Kabel pada PC adalah sebuah alat untuk menghantarkan arus listrik ke seluruh komponen-komponen yang ada pada PC.

Kabel ATX power supplay.
- Spesifikasi ATX
membutuhkan catu daya untuk menghasilkan tiga output utama, 3,3 V, +5 V dan +12 V. Low-power -12 V dan 5 V SB (siaga) pasokan juga diperlukan.Sebuah -5 V output awalnya diperlukan karena disediakan di bus ISA, tetapi menjadi usang dengan penghapusan bus ISA di PC modern dan telah dihapus dalam versi standar ATX.
Awalnya kabel ATX ini didukung oleh satu konektor 20-pin. Power supply ATX menyediakan jumlah konektor daya perifer, dan (dalam sistem modern) dua konektor untuk motherboard: konektor 4-pin tambahan memberikan tambahan daya ke CPU, dan sebuah konektor 24-pin power supply utama, perpanjangan versi 20-pin asli.



Power Supply AT adalah power supply type lama yang digunakan pada computer XT, AT 286-386-486-Pentium-sebagian Pentium II dan sebagian Pentium III.
Ciri utama :
-              Tombol on/off bersifat manual
-              Ketika Shutdown, untuk mematikan mesti pijit tombol
-              Kabel daya ke motherboard terdiri atas 2 x 6 pin
-              Daya rata-rata di bawah 250Watt
Power Supply AT, bentuk konektor yang menuju motherboard bentuknya terbagi menjadi dua bagian. Dalam pemasangannya tidak boleh terbalik. Untuk memudahkannya, usahakan kabel yang berwarna hitam berada di tengah-tengah konektor. 

KABEL ATA
Deskripsi ATA : 
(Advanced Technology Attachment) Interface standar untuk hardisk dan menggunakan kabel konektor 40-pin. Macam-macam ATA adalah ATA-2, ATA-3, Ultra-ATA, ATA/66, ATA/100 dan yang paling baru ATA/133.
Interface ATA awalnya didasari pada transistor-transistor logic (TTL) tehnologi interface bus, yang mana merupakan protokol bus ISA (industry standard architecture) yang kuno.
ATA-4 termasuk ultra ATA, telah berupaya mengantisipasi EMI, membuat sebagian besar dari strobe yang dihasilkan dengan menggunakan kedua rising dan falling edge dari signal strobe sebagai signal yang terpisah. Akibatnya data yang ditransfer menjadi berlipat 2 kali pada strobe rate yang sama pada periode waktu yang bersamaan.
ATA-2 dan ATA-3 mentransfer data pada burst rate hingga 16,6 MB/ detik, Ultra ATA dapat mencapai 33,3 MB/ detik.
Spesifikasi ATA-4 menambahkan ultra DMA mode 2 (33,3 MB/ detik) pada mode PIO sebelumnya 0-4 dan tradisional mode DMA 0-2.
ATA-5 termasuk ultra ATA/66 yang mana melipat gandakan 2 kali burst tranfer rate dengan cara menurunkan waktu setup dan menaikan strobe rate. Strobe rate yang cepat meningkatkan EMI, yang mana tidak dapat di eliminasikan dengan kabel standar 40 pin yang digunakan oleh ATA dan Ultra ATA.
Untuk memperbaiki dibuat kabel baru 40 pin, tapi dengan jumlah konduktornya 80 pin. Kabel ini menambahkan 40 pin ground disetiap sisi kabel 40 pin sebelumnya. Penambahan ini melindungi signal-signal dari EMI. Spesifikasi ATA-5 menambahkan ultra DMA mode 3 (44,4 MB/ detik) dan mode 4 (66,6 MB/ detik) pada mode PIO sebelumnya 0-4, Mode DMA 0-2, dan ultra DMA mode 2.

KABEL  SATA
Serial ATA, atau bus komputer SATA, adalah sebuah antarmuka penyimpanan untuk menghubungkan host bus adapter
untuk perangkat penyimpanan massal seperti hard disk drive dan optical drive. Mulai pada tahun 2004, SATA host adapter terintegrasi ke hampir semua motherboard modern, baik itu desktop maupun laptop.

Serial ATA ini dirancang untuk menggantikan standar ATA (AT
Attachment) yang lebih tua (juga dikenal sebagai EIDE). SATA dapat
menggunakan perintah-perintah tingkat rendah yang sama, namun SATA host-adapter dan perangkat yang terkoneksi berkomunikasi melalui kabel serial kecepatan tinggi melalui dua pasang kabel konduktor. 

Kabel SATA memiliki 7 pin. 3 pin digunakan untuk ground, 2 pin untuk data dan 2 pin lagi digunakan sebagai konektor untuk power. Berikut ini data pin kabel SATA
  
Technology SATA
SATA/150, merupakan generasi pertama SATA yang memiliki kecepatan data 150 mbps.
SATA II, merupakan generasi kedua SATA dengan kecepatan transfer data 300 mbps.
SATA III, merupakan revisi dari SATA sebelumnya memiliki kecepatan samapai 750 mbps.
Fungsi utama dari bus Serial ATA adalah untuk membentuk sebuah antarmuka antara Motherboard dan Hard Disk Drive [HDD].  Hard Drive mungkin memiliki konektor SATA dan warisan PATA  konektor data, dengan PATA warisan kekuatan  konektor, sehingga perangkat dapat berfungsi baik warisan [tua] motherboard atau motherboard saat ini diproduksi. Dalam hal ini papan ibu S-ATA antar muka akan dikembangkan dari perifer add-on board dan motherboard tidak.




KABEL PATA
Paralel ATA (PATA) adalah IDE standar untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti hard drive dandrive optik ke motherboard . PATA umumnya mengacu pada jenis kabel dan koneksi yang mengikuti standar ini.
Sangat penting untuk dicatat bahwa paralel ATA istilah yang digunakan untuk hanya disebut ATA. ATA surut namanya menjadi Paralel ATA ketika baru Serial ATA (SATA) standar muncul menjadi ada.
Kabel PATA panjang, datar dengan kabel 40-pin konektor (dalam matriks 20x2) di kedua sisi kabel. Mengakhiri salah satu colokan ke port pada motherboard, biasanya berlabel IDE, dan ujung lainnya ke bagian belakang perangkat penyimpanan seperti hard drive.
Kabel PATA datang dalam 40-kawat atau 80-kawat desain. Perangkat penyimpanan yang paling modern membutuhkan penggunaan kabel 80-kawat lebih mampu PATA untuk memenuhi persyaratan kecepatan tertentu.Kedua jenis kabel PATA memiliki 40-pin dan terlihat hampir identik sehingga membedakan mereka bisa sulit. Biasanya meskipun, konektor pada kabel PATA 80-kawat akan hitam, abu-abu dan biru sedangkan konektor pada kabel 40-wire hanya akan menjadi hitam.
Universal Serial Bus /USB. Definisi USB adalah cara komunikasi antara peralatan dengan Host Controller(biasanya PC).
USB ini sering dijumpai pada printer, komputer, scanner, handphone, mouse, kamera digital, flash drive, dsb. Sebelum ada USB, lebih dulu dikenal port serial dan parallel. Namun untuk saat ini, port USB telah menjadi port komunikasi yang standar.
Jika dibuka, kabel USB akan terlihat ada 4 warna, yaitu merah, coklat,
kuning dan biru. Kabel berwarna merah dan coklat berfungsi sebagai
power / untuk arus listrik. Kabel berwarna kuning dan biru berfungsi
untuk membawa / mentransfer data. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar